Gejala Virus Corona COVID-19

gejala covid 19

tanamanherba.comGejala Virus Corona COVID-19

Coronavirus (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh coronavirus yang baru ditemukan.

Sebagian besar orang yang terinfeksi virus COVID-19 akan mengalami penyakit pernapasan ringan hingga sedang dan sembuh tanpa memerlukan perawatan khusus. Orang yang lebih tua, dan mereka yang memiliki masalah medis mendasar seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, penyakit pernapasan kronis, dan kanker dapat menjadi penyakit serius.

Cara terbaik untuk mencegah dan memperlambat penularan diberitahukan dengan baik tentang virus COVID-19, penyakit yang disebabkannya dan bagaimana penyebarannya. Lindungi diri Anda dan orang lain dari infeksi dengan mencuci tangan atau sering menggunakan hand sanitizer.

Virus COVID-19 menyebar terutama melalui air liur atau keluar dari hidung ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, jadi penting bahwa Anda juga menjaga etika bersin (misalnya, dengan batuk ke siku yang tertekuk).

Saat ini, tidak ada vaksin atau perawatan khusus untuk COVID-19. Namun, ada banyak uji klinis yang sedang berlangsung mengevaluasi perawatan potensial. WHO akan terus memberikan informasi terbaru segera setelah temuan klinis tersedia.

Virus COVID-19 mempengaruhi orang yang berbeda dengan cara yang berbeda. COVID-19 adalah penyakit pernapasan dan sebagian besar orang yang terinfeksi akan mengalami gejala ringan hingga sedang dan sembuh tanpa memerlukan perawatan khusus. Orang yang memiliki kondisi medis yang mendasarinya dan mereka yang berusia di atas 60 tahun memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit parah dan kematian.

Gejala umum meliputi:

  • demam
  • kelelahan
  • batuk kering.

Gejala lain termasuk:

  • sesak napas
  • sakit dan nyeri
  • sakit tenggorokan
  • dan sangat sedikit orang akan melaporkan diare, mual atau pilek.

Orang dengan gejala ringan yang dinyatakan sehat harus mengisolasi diri dan menghubungi tenaga medis mereka atau saluran informasi COVID-19 untuk mendapatkan pengujian dan rujukan.

Orang dengan demam, batuk atau kesulitan bernapas harus menghubungi dokter dan menghubungi tenaga medis medis.

Baca Juga : Update Kasus COVID 19 di Indonesia

Sumber: WHO