Ketahui Penyebab Sinusitis Itu Apa & Cara Pengobatanya

penyebab sinusitis

Tanaman Herba – Penyebab Penyakit Sinusitis Itu Apa

Rongga sinus yakni lubang yang mempunyai celah-celah yang menyalurkan sekresinya ke rongga hidung. Rongga tersebut bisa terserang infeksi yang mengakibatkan ada radang serta infeksi di rongga sinus hingga saluran sekresinya jadi lemah. Hal tersebut mengakibatkan penyumbatan serta peningkatan jumlah ingus, melengkungnya dinding hidung, alergi, infeksi akut pada hidung, serta masalah pada gigi.

Kasus sinusitis sebagian besar dimulai pada rongga besar yang berisi udara yang mengengelilingi rongga-rongga tempat mengalirnya cairan di hidung. Orang yang menderita sinusitis umumnya sesudah terserang hay fever (alergi karena perubahan musim).

Gejala infeksi sinus dan peradanganya, antara lain tersumbatnya hidung dengan cairan kuning atau kehijauan yang terkadang mengandung darah. Infeksi itu dibarengi rasakan sakit di hidung, pipi, serta seputar mata. Selai itu, disertai sakit kepala yang makin parah di pagi hari, peningkatan tekanan di dalam kepala, dan kehilangan indra penciuman uang disebabkan penyumbatan rongga sinus hidung.

Dalam beberapa masalah, dibarengi demam, susah tidur, batuk kering, wajah bengkak, tekstur cairan hidung mengental, dan mengandung nanah serta bakteri.

Penyebab Penyakit Sinusitis

Ada dua sebab utama infeksi sinus. Pertama, konsumsi makanan berlemak yang berlebihan. Kedua, infeksi yang menyerang rongga hidung, baik infeksi langsung maupun infeksi pada bagian tubuh lain yang dekat denganya, dan telah terinfeksi, seperti gigi, telinga, atau saluran pernapasan bagian atas.

Sinusitis bisa dicegah dengan menyembuhkan infeksi terlebih dulu, hindari iritasi hidung serta menjaga saluran lendir (ingus) dengan mengguanakan larutan garam (NaCl).

Pengobatan Penyakit Sinusitis

Obat-obatan apotek

Pengobatan jenis ini menggunakan antibiotik dan anti penyumbatan hidung yang membuka selaput lendir dan membantu sekresi sinus. Disamping itu, pengobatanya memanfaatkan anthistamin, ekspektoran, serta turunan cortisone untuk menurunkan bengkak membran.

Pengobatan Herbal

Bawang Putih dan Bawang Merah

Dua herbal tersebut bekerja sebagai anti bakteri dalam sekup yang luas. Anda dapat mengkonsumsi bawang putih langsung atau membuat sup sayuran dengan memperbanyak yang telah di cincang bersama irisan bawang merah. Selain itu, dapat juga ditambahkan jahe pada sup tersebut.

Minyak Biji Adas Manis

Hirup konsentrat tinggi dari minyak tersebut lebih dair sekali dalam beberapa jam di siang hari dan sebelum tidur.