Mencegah Ketombe Kering Pada Kulit Kepala

mencegah ketombe kering

Tanaman Herba – Mencegah Ketombe Kering Pada Kulit Kepala

Ketombe merupakan salah satu penyakit yang menyerang kepala banyak orang. Ketombe menyebabkan munculnya serpihan, berbentuk jelek, dan tidak enak di pandang, baik di rambut maupun di kulit kepala. Serpihan putih tersebut adalah kulit kepala yang mati dan seringkali menimbulkan peradangan lemak pada kulit kepala. Ketombe adalah partikel kecil, berkerak, dan berwarna putih yang menyebabkab rasa gatal atau rasa terbakar.

Pada kondisi sehat dan natural, kepala seharusnya dingin dan kedua kaki hangat. Jika kepala panas dan kaki dingin, itu menunjukan bahwa sirkulasi darah tidak bagus.

Pemilik kepala panas adalah orang yang paling rentan terkena ketombe. Penyebab utama sirkulasi darah yang tidak sehat adalah konsumsi makanan yang mengandung lemak, seperti daging, produk susu, dan kacang-kacangan secara berlebihan. Oleh karena itu, dianjurkan memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan serta mengurangi makanan berlemak.

Baca Juga :

Mencegah ketombe kering di kepala

Ketombe kering dapat di cegah dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Menjemur rambut di bawah sinar matahari.
  • Menghindari sampo yang mengandung bahan kimia.
  • keramas secara teratur.
  • Gunakan sampo yang mengandung zink, sulfur, atau asam salisilat.

Pengobatan Ketombe kering

Obat-obatan dari apotek

Salep yang mengandung kortison atau lotion fungisida (antijamur) termasuk biotin yang merupakan salah satu nutrisi paling penting untuk melawan ketombe. Ia menyerupai vitamin anti ketombe dan infeksi kulit kepala berminyak. Ada juga beberapa zat aktif yang berfungsi sebagai anti ketombe, seperti selenium, lesitin, sulfur, zink, dan asam sitrat.

Pengobatan Herbal

Bahan-bahan yang kaya dengan biotin, seperti kedelai, bawang putih, gingseng, oat, barley, wijen, jagug, kacang-kacangan, biji kapas, alfalfa, dan eldeberry.