Mendengkur Saat Tidur Begini Cara Mengobatinya

 

mendengkur saat tidur
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Tanaman HerbaMendengkur saat tidur

Mendengkur adalah pengeluaran suara keras dan terus-menerus dari tenggorokan saat tidur. Penyebabnya adalah perubahan pada sistem pernapasan atas, tepatnya di saerah antara bagian belakang hidung dan pangkal lidah.

Otot-otot yang menopang saluran pernapasan bagian atas tidak bekerja saat tidur. sementara itu, jaringan tambahan di tenggorokan dan langit-langit bergetar pada setiap tarikan napas. Dengan demikian, hal itu membuat saluran udara sangat mudah tertutup. Di antara faktor penting yang menyebabkan dengkur adalah tidur telentang, kelebihan berat badan, merokok, sinusitis, leher yang tebal, sempitnya saluran udara akibat hidung tersumbat, pergeseran dinding hidung (DNS), dan polip.

Mendengkur tidak hanya di anggap sebagai faktor yang mengganggu kenyamanan tidur, tetapi juga menyebabkan tidur tidak nyenyak.

Ada beberapa situasi yeng terkait dengan mendengkur dan menjadi indikator penting. Di antaranya tekanan darah tinggi, gangguan detak jantung, penyakit jantung, stroke, pembekuan darah, kerusakan otak, impotensi, sakit kepala, perubahan kepribadian, disfungsi hormon, berkeringat pada amalam hari, ketegangan saraf, gangguan lambung, melemahnya kekuatan tubuh, radang tenggorokan, depresi, kelelahan, dan insomnia. Adapun indikaro lokal, di antaranya bronkitis, sinusitis, asma, dan berbagai jenis penyakit paru-paru.

Baca Juga

Pencegahan Mendengkur Saat Tidur

  • Perhenti mengkonsumsi alkohol, merokok dan obat-obatan yang menyebabkan kantuk.
  • Meletakan kepala di atas bantal saat tidur.
  • Menghindari tidur tengkurap atau telentang untuk menjaga agar saluran hidung tidak tersumbat.

Pengobatan Mendengkur

Ada senyawa herbert prosthesis yang diapakai untuk menarik rahang bawah ke depan sehingga terdapat ruangan luas untuk saluran udara di dasar lidah. Begitu juga, obat-obatan yang memperluas jaringan hidung untuk membuka saluran dalam. Penggunaan dekongestan berfungsi membuka saluran dalam dan saluran pernapasan yang berbeda.

Ada masker hidung yang dibuat sesuai dengan ukuran setiap orang dan digunakan pada saat tidur. Di samping itu, ada juga obat yang meningkatkan kemampuan dan kekuatan otot hidung, di antaranya hydroxy progestron dan protriptyline (tetapi harus sesuai resep anjuran dokter).

Bawang putih, beberapa siung bawang putih dimakan sebelum tidur untuk mengurangi masalah saluran udara di dasar lidah. Bawang putih mengobati alergi rhinitis dan sakit tenggorokan. Ketika zat yang terkandung dalam bawang putih sampai pada sistem pernapasan, ia akan memperlihatkan efektivitasnya.