Penyakit Jantung Tekanan Darah Tinggi

penyakit jantung
Foto oleh freestocks.org dari Pexels

Tanaman Herba – Penyakit Jantung Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi ialah situasi di mana cairan darah pada tubuh mendesak dinding Arteri dengan lumayan kuat hingga pada akhirnya mengakibatkan permasalahan kesehatan, seperti stroke, serta yang lain. Tekanan darah dipastikan dengan jumlah darah yang dipompa jantung serta jumlah kritis tekanan pada saluran darah pada arteri. Semakin banyak darah dipompa jantung kita dan Arteri kita menyempit, menyempit, tekanan darah akan meningkat. Seseorang dianggap menderita hipertensi jika dengan cara berulang-ulang hasil kontrol tekanan darah yang melewati 140 / 90 mm hg. Hipertensi adalah gangguan kesehatan yang sangat serius dan berbahaya. Berbagai studi memperlihatkan jika hipertensi tingkatkan efek kematian serta penyakit. Bila tidak dilakukan penanganan, sekitar 70% pasien hipertensi kronis akan meninggal karena jantung koroner atau gagal jantung, 15% terkena kerusakan jaringan otak, dan 10% mengalami gagal ginjal.

Baca Juga

Hipertensi sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu:

Hipertensi primer atau esensial
Ini tidak diketahui penyebab pastinya, diduga faktor keturunan atau game menjadi faktor utama penyebab seseorang mengidap hipertensi. Mayoritas Penderita hipertensi termasuk dalam jenis ini.

Hipertensi sekunder
Hipertensi jenis ini adalah hipertensi yang disebabkan atau merupakan efek dari kondisi medis tertentu, seperti karena mengidap sakit ginjal, stress, dan lain-lain.

Gejala hipertensi

Sebagian besar kasus hipertensi tidak menunjukkan suatu gejala, meskipun tekanan darah bisa mencapai level tinggi yang membahayakan kesehatan. Oleh karenanya, seseorang bisa menderita hipertensi selama bertahun-tahun tanpa tahu dirinya mengidap hipertensi. Hipertensi umumnya baru diketahui setelah ia berkembang mempengaruhi kesehatan, misalnya setelah menderita penyakit jantung dan lain sebagainya. namun, pada kondisi tertentu, hipertensi menunjukkan beberapa gejala, diantaranya :

  • Bingung
  • Bising di telinga
  • Cepat kelelahan
  • Hematuria (darah dalam urine)
  • Jantung berdebar-debar
  • Mengalami perdarahan dari hidung
  • Penglihatan kabur
  • Sering sakit kepala atau pusing di pagi hari
  • Wajah kemerahan

Jantung satu diantara organ tubuh penting yang peranan intinya memompa darah ke seluruh tubuh. Seperti organ tubuh yang lain, jantung dapat terserang oleh beragam penyakit. Penyakit jantung ialah satu situasi yang mengakibatkan jantung tidak bisa melakukan fungsinya dengan baik. Salah satu penyakit jantung yang biasa terjadi adalah jantung koroner. Penyakit jantung ini, dapat menyebabkan serangan jantung hingga kematian mendadak. Pemicu penyakit jantung koroner yakni ada penyempitan serta tersumbatnya pembuluh arteri karena penimbunan zat lemak terlalu berlebih di lapisan dinding nadi pembuluh koroner.

Gejala penyakit jantung

Pada dasarnya, gejala-gejala umum yang dialami orang yang mengalami penyakit jantung menunjukkan kondisi dimana terjadi kekurangan jumlah darah yang memasok oksigen ke jantung akibat fungsi jantung yang terganggu.

Gejala-gejala tersebut antara lainĀ 

Angin, yaitu rasa nyeri atau rasa tertekan di bagian dada

Aritmia, yaitu kondisi berupa gangguan Irama jantung yang dapat menyebabkan palpitasi (denyut jantung yang abnormal)

Pada umumnya, gejala angin dan aritmia diatas diikuti oleh gejala lain seperti:

  • Berkeringat dingin
  • Letih yang berkepanjangan kan
  • Mual
  • Pusing
  • Sesak nafas.