Penyebab Mata Merah Pada Anak & Cara Mengobatinya

mata merah pada anak

Tanaman HerbaPenyebab Mata Merah Pada Anak

Mata Merah (Konjungtivitis) Penyakit kemerahan pada mata merupakan peradangan pada bagian dalam kelopak mata dan bagian putih mata. Penyakit tersebut disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus. Berbagai hal yang menyebabkan alergi terhadap serbuk sari yang dibawa oleh udara, kuman penglihatan, bulu-bulu hewan, atau penyumbatan parsial pada saluran air mata menjadi faktor terjangkitnya penyakit mata merah.

Di antara gejalanya adalah sekresi yang menyerupai nanah, rasa pedih pada mata, pembengkakan pada kelopak mata, terasa ada pasir di dalam mata disertai rasa gatal yang hebat, dan perasaan ingi mengucek bagian dalam kedua mata.

Baca Juga

Pencegahan Mata Merah Pada Anak

Menjaga kebersihan mata dengan mencuci mata memakai cairan fisiologis terstruktur, seperti tetesan prisoline dan mengompresnya dengan air.

Obat antibiotik dalam bentuk tetes mata bisa digunakan sebab efisien mengurangi waktu timbulnya tanda-tanda konjungtivitis bakteri. Tetapi penting untuk dipahami jika penyakit ini biasanya dapat pulih sendiri tanpa ada pengobatan

Kompres mata dengan air hangat dirasa jadi satu diantara obat mata merah yang cukup efisien sebab temperatur dari air hangat tersebut bisa menolong memperlancar aliran darah pada mata. Tidak itu saja, langkah satu ini dapat juga mengakibatkan produksi minyak di kelopak mata hingga dapat menahan berlangsungnya mata yang terlalu kering.

Untuk mengompres matanya tersebut, pakailah handuk dengan bahan yang lembut serta celupkanlah ke air hangat yang sudah disediakan. Kemudian, kompres mata selama kira-kira 10 menit untuk memperoleh efek yang diharapkan.

Pengobatan Herbal

  • Bawang merah

Masukan satu sendok jus bawang merah dengan satu sendok madu lebah alami, lalu teteskan pada mata.

  • Adas (fennel)

Didihkan satu liter air dengan satu sendok adas, lalu disaring dan diteteskan pada mata.